E-Commerce

Ketika untuk pertama kalinya internet diperkenalkan, pemrakarsanya tidak pernah menduga bahwa dampaknya nanti di kemudian hari akan sedemikian dasyatnya. Yang terbayangkan oleh manusia sebelumnya adalah suatu globalisasi dunia fisik, dimana batasan geografis yang membagi bumi menjadi beberapa negara akan perlahan-lahan pudar dan hilang. Dan secara perlahan-lahan usaha tersebut mulai dilakukan dengan membuka perdagangan dunia seluas-luasnya, tanpa adanya proteksi pemerintah atau pihak lain yang mengatur mekanisme jual beli. Perkembangan internet telah menyebabkan terbentuknya sebuah arena baru yang lazim disebut sebagai dunia maya, dimana setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berhubungan dengan individu lain tanpa adanya batasan apapun yang menghalanginya. Globalisasi yang sesungguhnya pada dasarnya telah terlaksana di dunia maya, yang menghubungkan antar seluruh masyarakat digital atau mereka yang kerap menggunakan internet dalam aktivitas kehidupannya setiap hari. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak oleh kehadiran internet, sektor bisnis atau perdagangan merupakan yang paling cepat tumbuhnya. Berdagang di dunia maya dengan memanfaatkan perangkat telekomunikasi, yang kerap diistalahkan sebagai e-commerce (electronic commerce), merupakan suatu mekanisme bisnis tersendiri yang masih seumur jagung usianya. Namun disinilah letak keistimewaannya. Untuk pertama kalinya seluruh manusia di lapisan bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk dapat berhasil berbisnis di dunia maya, karena selain “permainan” ini masih sangat baru, lahan yang belum “digarap” masih tersedia sedemikan luasnya. Melihat bahwa pada dasarnya fenomena berdagang di dunia maya memerlukan suatu kesadaran akan perlunya para praktisi bisnis dan manajemen untuk mengerti adanya perubahan paradigma berbisnis yang sangat mendasar, maka penulis memutuskan untuk menyusun buku ini. Seperti halnya buku terdahulu (“Pengantar Konsep Dasar Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi”), buku ini berisi koleksi artikel ringkas yang dikumpulkan penulis selama menjalankan tugasnya sebagai seorang dosen dan konsultan independen. Kumpulan tulisan ini diharapkan dapat menjadi gerbang awal bagi mereka yang masih awam di bidang e-commerce dan berniat untuk mulai belajar dan memahaminya. Mudah-mudahan buku ini dapat memberikan sedikit kontribusi bagi masyarakat di tengah miskinnya koleksi pustaka pemikiran di bidang teknologi informasi.

3 Responses

  1. Top markotop boooozzz , penjelasan tentang Bisnis E-Commerce. Saya suka sekali dengan artikel2 seperti ini. Semoga bisa bermanfaat buat saya pribadi dan orang lain. Hiduuuukan terus Bisnis E-Commerce di tahun ini. Semoga jaya didunia.
    Trima kasih Pak Yurindra.

  2. mangtabs sekali.. tolong tambahin pak tips-tips e-commerce untuk produk jasa.. saya pengen sekali bisa sukses marketing lewat internet.
    terima kasih.

  3. hii,,,E-Commerce…
    Harap info / bimbingan sdikit dong… Bnrkah bisnis2 di internet itu bs menghasilkan uang secara nyata…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: