Waspada, Serangan Stuxnet Masih Berlanjut

Jakarta – Masih ingat dengan Stuxnet? Virus yang menyerang fasilitas nuklir di Iran beberapa waktu lalu. Konon, program jahat itu siap menyeruak kembali dengan wajah baru.

Hal tersebut diungkapkan oleh Costin Raiu, Kaspersky Director of Global Research & Analysis, yang menyebutkan bahwa setidaknya ada 3 malware lain yang dirancang berdasarkan source code Stuxnet.

“Itu seperti pemainan lego. Anda bisa merakit sebuah robot atau rumah berdasarkan komponen yang ada,” kata Raiu, seperti dikutip detikINET dari reuters, Kamis (29/12/2011).

Sebelumnya, sifat Stuxnet ditemukan juga dalam virus Duqu. Keduanya memiliki pola yang identik, yakni membuat registry unik pada setiap komputer yang menjadi korbannya.

Registry yang dibuat itu kemudian dijadikan akses untuk bisa berkomunikasi dengan pembuatnya, mencuri data tertentu, dan mampu menduplikasikan diri. Nah, ciri-ciri inilah yang telah ditemukan pada 3 malware yang hingga saat ini belum jelas identitasnya.

Asal muasal Stuxnet sendiri hingga saat ini masih menjadi misteri, tapi menurut Kaspersky virus bernilai jutaan dolar itu dibekingi oleh Amerika Serikat dan Israel.

( eno / rns )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: