Virus Komputer Bikin Kacau Rumah Sakit Trisno Heriyanto – detikinet

Alabama,AS – Gara-gara jaringan komputer terjangkit virus, sistem IT sebuah rumah sakit di Amerika Serikat kacau balau. Seluruh dokter dan perawat pun sempat kewalahan merawat pasien mereka.

Virus tersebut terdeteksi pada rabu malam waktu setempat, kemudian menyebar secara luas di jaringan Georgia Hospital, Alabama, yang membuat sejumlah fasilitas lumpuh.

Sistem yang diserang virus itu adalah jaringan yang menyimpan rekam medis para pasien di Georgia Hospital. Celakanya, para dokter dan pasien kerap kali menggunakan sistem tersebut untuk mengatur jadwal pemberian obat, pemeriksaan dan sebagainya.

Dikutip detikINET dari forbes, Selasa (20/12/2011), kini Georgia Hospital terpaksa menggunakan cara konvensional untuk menangani pasiennya, yakni dengan mencatat pada secarik kertas. Cara ini diyakini akan mengurangi efektifitas kerja secara signifikan.

Selain menggangu operasional rumah sakit, ancaman yang cukup serius dari virus tersebut adalah soal pencurian data. Namun Georgia Hospital mengklaim data rekam medis pasien mereka masih aman.

( eno / ash )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: