Takut Diserang Virus, Iran Pindahkan Ribuan Situs Pemerintah Trisno Heriyanto – detikinet

Teheran, Iran – Ingat Stuxnet yang menyerang fasilitas nuklir di Iran beberapa waktu lalu? Ya, akibat ulah virus tersebut kini pemerintah Iran memindahkan hosting ribuan situs mereka ke tempat yang lebih aman.

“Lebih dari 90% hosting situs pemerintah kini sudah berada di dalam negeri,” ujar Ali Hakim Javadi, Wakil Menteri Komunikasi dan Teknologi Iran.

Javadi menjelaskan, saat ini pemerintah Iran memiliki 30 ribu situs yang sebelumnya berada di kawasan Amerika Utara dan di beberapa negara lainnya. Pengalihan ini diharapkan bisa mengantisipasi serangan cyber yang belakangan menyerang negeri di semenanjung Persia itu.

Pemerintah Iran juga percaya bahwa virus adalah salah satu ancaman yang harus diwaspadai. Terlebih lagi dengan pengalaman mereka yang pernah diserang Stuxnet.

“Ini adalah aksi yang sangat penting untuk menjaga informasi negara,” tambah Javadi, seperti dikutip detikINET dari reuters, Rabu (21/12/2011).

Stuxnet yang mulai terdeteksi pada Juni 2010 itu memang amat menghebohkan. Virus ini memiliki keahlian khusus untuk menyerang supervisory control and data acquisition (SCADA), sebuah sistem yang biasa digunakan untuk mengendalikan sistem pipa, pembangkit listrik tenaga nuklir dan perangkat manufaktur lainnya.

( eno / ash )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: