Korea Selatan Lagi-lagi Jadi Bulan-bulanan Hacker

Santi Dwi Jayanti – detikinet


ilustrasi (flickr/cc/nicolasnova)
 Jakarta – Korea Selatan mendapat serangan dari hacker asal China. Serangan ini disinyalir sebagai serangan cyber terbesar di negara tersebut. Data yang dibobol mencapai 35 juta.

Serangan cyber ini merupakan lanjutan dari pembobolan yang menimpa perusahaan finansial di Korea Selatan dalam beberapa bulan terakhir. Regulator komunikasi negara tersebut mengatakan bahwa pembobolan ini dilakukan peretas dari China.

Sebuah portal internet dan situs blogging yang dioperasikan oleh SK Comms menjadi sasaran serangan ini, yang mengakibatkan bolongnya informasi milik 35 juta user. Informasi yang dibobol ini antara lain data nomor telepon, alamat email, user portal Nate dan situs blogging Cyworld. Portal dan situs tersebut dioperasikan oleh SK Comms.

Nate ialah mesin pencari dengan pengguna sebanyak 25 juta dan Cyworld telah digunakan oleh 33 juta user dalam negara yang berpopulasi 48,6 juta.

Kejadian pembobolan yang terjadi di Korea Selatan ini bukan yang pertama mereka alami dan China dituding menjadi biang di balik semua aksi merugikan tersebut.

Tudingan itu muncul karena, alamat yang dipakai si hacker adalah alamat di China. Di sisi lain, China menyangkal semua tuduhan yang dilancarkan.

Serentetan serangan telah terjadi di Negeri Ginseng tersebut. Pada bulan April 2011, sebuah bank komersil mengalami kelumpuhan jaringan dan berdampak pada jutaan usernya. Di bulan Mei, peretas juga membobol informasi personal dari 1,8 juta konsumen Hyundai Capital yang dimiliki Hyundai Motor dan GE Capital International.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: