Hacker Ditantang Temukan ‘Lubang Keamanan’ Facebook

Senin, 01/08/2011 08:26 WIB

shanti dwi jayanti – detikinet


ilustrasi (ist)

Jakarta – Facebook siap memberikan ganjaran ratusan dollar kepada para hacker yang berhasil menemukan bug atau celah keamanan di situs mereka. Program ini membuntuti kesuksesan perusahaan teknologi lain yang telah lebih dulu membuat program serupa bertema “Bug Bounty”.

Jumlah uang yang ditawarkan Facebook pada mereka yang berhasil menemukan bug ialah sebesar USD 500, angka yang terpaut jauh dengan yang ditawarkan perusahaan Google, Mozilla dan Microsoft. Sebagai perbandingan, Google menggelontorkan uang sebesar USD 3.000, jumlah yang sama dengan yang dikeluarkan Mozilla. Sedangkan Microsoft mengeluarkan uang senilai USD 250.000.

Ganjaran yang diberikan oleh Facebook ini bertujuan untuk lebih mengamankan situs yang digandrungi ratusan juta orang tersebut. Seperti detikINET kutip dari laman “Security Bug Bounty”, Senin (1/8/2011), Facebook memaparkan klasifikasinya untuk seorang ‘bounty’ seperti mau memberikan waktu pada Facebook untuk merespon terlebih dulu laporan yang masuk sebelum menyiarkannya pada publik.

Bug yang ditemukan seorang bounty juga harus bersentuhan dengan situs Facebook sendiri, bukan yang terkait dengan aplikasi pihak ketiga atau situs pihak ketiga yang terintegrasi dengan Facebook. Meskipun Facebook berjanji bahwa mereka akan menyiapkan upah sebesar USD 500, namun bagi mereka yang melaporkan adanya bug tertentu, maka hadiah akan dinaikkan.

Sebelumnya, demi menguatkan keamana yang mereka miliki, Facebook, seperti Microsoft dan Google, juga mempekerjakan George Hotz. Ia adalah hacker ngetop yang pernah dituntut Sony karena telah membobol konsol game PS3 dan menjadi orang pertama yang meretas iPhone.

Hubungan baik yang dijalin Facebook dengan para hacker dikatakan oleh pihaknya adalah sesuatu yang penting. Perusahaan itu sendiri sering dikontak oleh hacker tiap minggunya, yakni sekitar 30-50 kali. Dan untuk lebih mempererat hubungan baik tersebut, Facebook juga mensponsori konferensi hacking Defcon selama dua tahun terakhir ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: