Mudah Menjadi Hacker

Jakarta – Dari laporan yang bertajuk “Report on Attack Toolkits and Malicious Websites”, diketahui bahwa perangkat untuk membuat serangan cyber kini semakin mudah ditemukan dan digunakan.

Perangkat untuk membuat serangan ini juga makin diminati oleh para penjahat tradisional yang tidak memiliki keahlian teknis dalam kejahatan dunia maya. Dengan adanya perangkat tersebut, mereka bisa lebih mandiri, terorganisir, dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

“Dulu, hacker harus menciptakan sendiri program dan penyerang mereka dari awal. Proses yang kompleks ini membatasi jumlah penyerang sehingga hanya terdiri dari sekelompok kecil penjahat cyber yang sangat terampil,” kata Stephen Trilling, Senior Vice President, Symantec Security Technology and Response.

Seperti yang diberitakan di Secure Computing, Trilling menyebutkan bahwa toolkit serangan tersebut membuat para pemula sekalipun dapat dengan mudah memulai sebuah serangan cyber.
“Diperkirakan bahwa kegiatan kejahatan cyber akan meningkat,” kata Trilling. “Akibatnya, peluang orang-orang yang mengakses Internet untuk menjadi korban, menjadi lebih besar,” tegasnya lagi.

Karena serangan cyber menjadi semakin menguntungkan, popularitas toolkit untuk membuat serangan juga meningkat secara dramatis dan mengarahkan pembuat kit untuk membangun perangkat pembuat serangan yang lebih kuat dan canggih.

Program pembuat virus yang seperti ini bisa digunakan dengan baik oleh para pengguna baru atau pemula. Program ini memudahkan penggunanya untuk membuat serta mengirim serangan dan ancaman ke berbagai sistem komputer. Selain itu, jenis ancaman juga bisa didesain agar bebas diteliti.

Salah satu kit yang populer adalah Zeus. Tujuan utama Zeus adalah mencuri informasi rahasia rekening bank. Sayangnya, usaha skala kecil kurang memiliki perlindungan untuk menjaga transaksi finansial mereka, sehingga mereka menjadi target utama Zeus.

Keuntungan finansial dari program berbahaya yang menggunakan Zeus belum lama ini terungkap melalui penangkapan komplotan penjahat dunia maya pada bulan September 2010. Para penjahat tersebut menggunakan botnet Zeus untuk mencuri lebih dari US$ 70 juta (Rp 630 miliar) dari rekening perbankan dan perdagangan selama lebih dari 18 bulan.

Karena semakin menguntungkan secara materi, popularitas kit meningkat secara dramatis. Hal ini membuat kit semakin kuat dan canggih.

Kit serangan tersebut saat ini sering dijual dengan model berlangganan dengan update berkala, beserta komponen-komponen yang memperluas kemampuan kit ini dan layanan dukungan,” kata Trilling.

“Para penjahat cyber secara rutin mengiklankan layanan-layanan instalasi, penyewaan akses terbatas ke konsol kit, dan menggunakan tool anti pembajakan komersial untuk mencegah penyerang yang ingin menggunakan tool tanpa membayar.” ucapnya.

Inovasi-inovasi program dan layanan purnajual seperti itu membuat penyebaran serangan semakin cepat dan tingkat eksploitasinya meningkat. Kit saat ini cukup mudah dimutakhirkan, sehingga memungkinkan para pengembangnya untuk dengan cepat menambahkan program eksploitasi untuk kerentanan-kerentanan yang baru.(mls/mar)

Sumber : http://www.suaramedia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: