Ahli: Histeria Serangan Cyber Berlebihan

INILAH.COM, San Fransisco – Pejabat dan ahli memperingatkan, pembicaraan berlebihan atas serangan cyber antarnegara, seperti pada serangan worm Stuxnet, dapat menghambat upaya keamanan internet.

Perhatian serius harus ditujukan pada ancaman serangan cyber dari hacker (peretas), mata-mata, dan kelompok teroris namun tidak untuk histeria massa, kata pembicara konferensi keamanan komputer RSA di San Francisco.

“Perang cyber merupakan metafora yang mengerikan,” kata pemimpin sebuah komite yang dibentuk oleh Gedung Putih untuk mengawasi hal ini, Howard Schmidt.

Spionase online dan pembajakan bukanlah hal baru. Melebih-lebihkan insiden tersebut dapat mengalihkan perhatian para ahli keamanan komputer dari pekerjaan lain yang lebih penting seperti menjaga jaringan listrik, sistem keuangan, dan jaringan media.

“Kita berada di tengah perang cyber kata-kata,” kata Schmidt. “Mari berhenti menyalahkan dan mulai membersihkan infrastruktur.”

Spesialis keamanan komputer terkenal dari BT Group, Bruce Schneier, mengatakan bahwa penggunaan taktik perang konflik secara online mendorong histeria yang membuat dunia di ambang ‘perlombaan senjata cyber’.

“Kita tak perlu melihat perang cyber, tetapi lebih pada meningkatkan penggunaan taktik perang di konflik cyber umum,” kata Schneier. “Hal itu membingungkan kita.”

Menurutnya, virus komputer Stuxnet jelas dibuat untuk ditemukan dan mengganggu fasilitas nuklir Iran sebagai serangan ‘Internet Age’ yang berbau perang tapi pendek.

“Ini bukan perang. Kita hanya berada di suatu tempat,” kata Schneier. [mls/mar]

Sumber: inilah.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: