Pengawas Internet Mati Suri


Achmad Rouzni Noor II – detikinet

<p>Your browser does not support iframes.</p>


ilustrasi (ist)
Jakarta – Satu lagi yang menjadi alasan dari Kementerian Kominfo ketika ‘mengorbankan’ keamanan internet dengan membiarkan lembaga pengawasnya, Indonesia Security Incident Response Team On Internet Infrastructure (ID-SIRTII), mati suri untuk sementara waktu.
Menurut Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo, Gatot S Dewa Broto, pihaknya terpaksa membiarkan ID-SIRTII lumpuh total untuk sementara waktu hingga restrukturisasi direktorat yang baru rampung.
Dengan belum adanya pejabat definitif dan baru dibentuknya pejabat pembuat komitmen (PPK), seluruh anggaran yang diperlukan untuk keberlangsungan operasional ID-SIRTII terpaksa ditangguhkan–meskipun sejatinya, kebutuhan itu kabarnya sangat mendesak.
“Ini force majeur, di luar kendali kami. Namun dalam beberapa hari ke depan akan dibenahi. Kami di sini juga dilematis. Sebab, kalau dipaksakan akan jadi temuan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) atas ketidakpatuhan penggunaan anggaran,” jelas Gatot kepada detikINET, Jumat (4/2/2011).
Terkait keluhan birokrasi yang disampaikan ID-SIRTII, Gatot mengaku tidak tahu pasti. Meski begitu, ia tetap menyampaikan permintaan maaf karena masih banyak kekurangan di Kominfo yang menyebabkan timbulnya sejumlah masalah.
“Kami minta maaf atas kejadian ini. Kami akui, belum efektif. Kami sudah memberikan pengertian kepada mereka (ID-SIRTII). (Kalaupun akhirnya banyak SDM yang pergi dari ID-SIRTII) kami memahami, ini masalah sensitif, masalah perut,” tandas Gatot.
Menurut Wakil Ketua ID-SIRTII M Salahuddien, staf yang dimiliki lembaga pengawas internet ini tak lebih dari 25 orang. Namun sayangnya, para staf yang ada di lembaga itu satu persatu mulai pergi.
“Tahun ini kita kehilangan delapan staf inti karena ketidakpastian kontrak. Tahun lalu kita kehilangan 4-6 orang,” ungkapnya.
Selain kehabisan SDM, ID-SIRTII juga lumpuh total karena tak punya bandwidth dan tak punya link buat memonitor trafik internet yang lalu lalang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: