5 Kelas Besar Keamanan System

Dalam dunia Keamanan System Informasi secara umum dikenal beberapa hal yang dapat diklasifikasikan kedalam kelas – kelas besar masing – masing sebagai berikut :

1. Human / Perpetrator & victim (  Pelaku dan korban )

Antara pelaku dan korban sering kali yang kita ingat hanya pelakunya saja, misalnya hacker, cracker, kiddies dan lain-lain, namun tanpa disadari victim atau korban sangat perlu di perhatikan keberadaannya. Sampai saat ini belum ada teori-teori yang mengangkat tentang jenis atau klasifikasi korban, misalnya korban atas nama pribadi, korban atas nama perusahaan, group atau kelompok , atau dapat pula korban di klasifikasikan berdasarkan tingkat kerugiannya, dan lain sebagainya.

2. Threat  ( Ancaman )

Ancaman selama ini hanya banyak di bahas dikelas, namun tidak banyak yang mengemukakan ancaman di masyarakat. Masyarakat hanya mengenal apabila sudah terjadi “ Serangan “, Padahal dalam melakukan sosialisasi tentang keamanan system informasi di masyarakat , hal yang penting dilakukan adalah mengenalkan ‘ancaman’ bukan ‘serangan’, Perlu di ketahui bahwa Serangan dimulai dengan Ancaman, dan tidak serangan sebelum adanya ancaman.

Ada beberapa metode yang mengklasifikasikan ancaman, salahsatunya adalah STRIDE Method ( metofde stride ) Stride sendiri merupakan singkatan dari Spoofing, Tampering, Repudiation, Information disclosure, Denial of service, Elevation fo privilege.

3. Attack  ( Serangan )

Setelah mempelajari berbagai jenis ancaman masyarakat sebetulnya secara tidak langsung akan mengerti sendiri jenis serangan yang akan timbul. Serangan artinya tindakan yang dilakukan penyerang dengan menggunakan metode atau teknik tertentu dengan berbagi tools yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan dengan objek tertentu  baik terarah maupun random ( acak ). Serangan yang umum terjadi terhadap system lazim disebut dengan Penetration .

4. Method ( Teknik / Metode serangan ).

Teknik atau metode adalah cara atau prosedur yang di rancangan sedemikian rupa untuk mendukung sebuah serangan. Contoh metode atau teknik yang sering digunakan adalah Phishing.

5. Tools ( Alat ).

Tools atau alat yang digunakan umumnya berupa perangkat lunak atau perangkat keras pendukung , Tools dapat diartikan pula sebagai perangkat pendukung baik bagi attacker ( penyerang )  atau bagi kepentingan pertahanan dan forensic.

Tools yang berkembang samngat banyak jumlahnya hingga mencapai ribuan variannya, salah satu yang terkenal digunakan untuk menyerang adalah Trojan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: