PANDUAN MEMBELI HARDWARE KOMPUTER

PANDUAN MEMBELI HARDWARE KOMPUTER MURAH BAGI PURCHASING DEPARTEMENT PERUSAHAAN ATAU KONSULTAN PROJECT

Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan apabila anda ingin mendapatkan harga yang murah dalam membeli product teknologi terutama perangkat keras di pasaran.

Pilah dan pilih antara Toko , dealer dan Distributor

  1. Anda harus mengetahui mana yang merupakan distributor atau toko komputer biasa ( reseller ) karena harga jelas sangat berbeda antara reseller dengan dealer atau distributor. Membeli ke reseller, delaer atau distributor jelas memiliki harga yang berbeda, demikian pula membeli product tertentu di distributor atau dealer yang salah.
  2. Pada umumnya setiap item product mempunyai distributor sendiri, misalnya flashdisk merk Kingston ada distributor sendiri, mainboard Asus ada distributornya, Harddisk WDC atau Seagate, atau Maxtor ada pula  distributornya masing-masing.
  3. Bagi anda yang membutuhkan stempel dan brosur resmi product tertentu          ( biasanya dibutuhkan oleh perusahaan / consultant yang sedang mengerjakan  sebuah tender ) anda bisa mendapatkannya di tingkat distributor atau minimal dealer, apabila anda kejar itu di reseller ( toko ) maka hal itu akan sia-sia saja.
  4. Membeli di dealer atau distributor biasanya tidak diperkenankan untuk pembeli langsung ( End user ) mereka hanya diperbolehkan menjual ke tingkat dibawahnya , misalnya distributor hanya boleh menjual ke dealer, dealer menjual ke reseller, begitu seterusnya. Namun distributor atau dealer biasanya memiliki seorang marketing dengan ‘mekanisme khusus’ untuk menangani project atau pembelian tertentu dari ‘end user’ langsung dengan komitmen tertentu.
  5. Pelajari system garansi yang ada dan hindari product black market walaupun murah, karena berpengaruh pada garansi dan maintenance product anda.

Setelah anda dapat membedakan mana Distributor, dealer dan reseller maka berikutnya yang harus anda perhatikan adalah :

System Pembayaran

  1. Pembayaran dengan cash selalu lebih murah dibanding dengan tunda, apalagi tundanya sampai dengan satu atau tiga bulan. Karena kebanyakan distributor, dealer atau reseller akan menghitung nilai barang yang mengendap di perusahaan anda dibandingkan dengan perputaran uang atau barang mereka sehari-hari.
  2. Pembayaran tunda masih mungkin dilakukan dalam waktu kurang dari 3 hari dengan fluktuasi harga yang tidak terlalu besar ( walaupun jarang terjadi ). Disamping itu pembayaran tunda biasanya hanya dilakukan oleh sebagian kecil saja dari distributor , delaer dan reseller yang ada, kebanyakan mau di bayar dengan cash.
  3. Ada beberapa distributor, dealer atau reseller yang berani ambil resiko dengan tidak mengikuti prosedur pembayaran diatas, namun tidak banyak.
  4. Berikut contoh kasus kenapa kebanyakan distributor, dealer atau reseller tidak mau tunda. Pada tanggal 25 dealer membeli mainboard dengan harga us$40.50 /unit dengan rupiah Rp.9000,00 ( Rp.364.500 ) ,kemudian anda membeli dengan pembayaran tunda 1 minggu dengan harga Rp.375.000,- , setelah anda membayar  ternyata Rupiah saat itu adalah Rp.9200/ us$1 , jadi totalnya  372.600, terhitung dealer hanya untung 2400 per unit , padahal seharusnya mereka untung 10.500. belum lagi biaya operasional dan sebagainya, maka dapat dikatakan mereka jadi rugi. Maka jangan heran untuk pembayaran tunda akan selalu lebih mahal karena dealer akan menaikkan harga untuk jaga-jaga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: