Malware Bikin Pesawat Jatuh?

Wicak Hidayat – detikinet


Sisa Kecelakaan (dok. reuters)

Jakarta – Sebuah program jahat jenis Trojan diketahui sempat menginfeksi sistem komputer di bandara Barajas-Madrid. Ditakutkan, program jahat itu turut menyebabkan jatuhnya pesawat Spanair 5022 yang menyebabkan korban tewas.

Dikutip detikINET dari TechDaily, Selasa (24/8/2010), adanya malware alias program jahat itu diketahui dalam penyelidikan atas kecelakaan pesawat udara Spanair 5022 pada 2008. Kecelakaan itu menewaskan 154 penumpangnya, termasuk seorang Warga Negara Indonesia.

Dalam kecelakaan itu, pesawat gagal take-off di bandara Barajas International Airport di Madrid, Spanyol. Kegagalan terjadi karena flap dan slat pesawat belum mengembang namun tak ada peringatan bahwa hal itu terjadi.

Komputer yang terinfeksi malware itu dikatakan memiliki fungsi untuk mendeteksi masalah pada pesawat dan memberikan peringatan. Jika saja tidak terkena malware, dan berhenti operasi, komputer itu harusnya bisa mencegah Spanair 5022 melakukan lepas landas.

Namun hal ini masih hasil penyelidikan awal. Belum diketahui apakah infeksi malware menjadi faktor kritis dalam kecelakaan tersebut atau bukan, karena penyelidikan masih berlangsung.

Jamz Yaneeza, peneliti keamanan dari Trend Micro, menduga malware itu masuk melalui beberapa cara. Salah satu yang paling mungkin adalah melalui USB Flashdisk yang terinfeksi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: