Hacker Ungkap Kelemahan GSM

Rachmatunisa – detikinet


(Ist)

Jakarta – Seorang hacker sekaligus ahli komputer di Amerika Serikat (AS), bernama Chris Paget, mengklaim telah menemukan  kelemahan pada teknologi GSM (Global Systems for Mobile  communications).

Dikutip detikINET dari Yahoo Tech News, Minggu(1/8/2010), dalam sebuah pertemuan bernama konferensi Defcon, Paget memperlihatkan bagaimana dia bisa menyadap panggilan telepon pada ponsel hadirin yang ada di konferensi tersebut, menggunakan perangkat penyadap ciptaannya.

Tak hanya menyadap, perangkat seharga US$ 1.500 atau sekitar Rp 13 juta ini juga bisa merekam semua percakapan yang terjadi. Paget kemudian mengilustrasikan bagaimana para pelaku kejahatan cyber menyelewengkan hal ini untuk tujuan tertentu. Namun tak lupa, Paget juga mengungkapkan bahwa konsumen memiliki beberapa pilihan untuk memproteksi diri mereka.

Dari studi ini, diketahui hanya ponsel dengan standar GSM yang berhasil dibobol Paget. Sementara ponsel yang menggunakan standard 3G dan 4G tidak mempan dengan ‘serangan’ yang dilakukannya.

“GSM sangat rentan. Saya berharap, studi ini dapat membantu adopsi standar komunikasi terbaru yang lebih aman,” terang Paget.

Dia mencontohkan, ponsel BlackBerry menerapkan enkripsi untuk setiap panggilan yang bisa menangkal serangan tersebut.

“Jika Anda menggunakan smartphone dan pada layarnya tertera bahwa panggilan Anda berada dalam jaringan 3G, artinya Anda terlindungi. Sebaliknya jika Anda menggunakan jenis ponsel yang tidak menyebutkan secara spesifik jenis  jaringan apa yang digunakan, artinya ponsel tersebut sangat rentan,” tandas Paget.
( rns / eno )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: