Diserbu ‘Hacker Turki’, Twitter Sempat Banyak Error

Wicak Hidayat – detikinet


ilustrasi (inet)

Jakarta – Situs mikroblogging Twitter diduga sempat jadi korban aksi pihak yang menamakan diri ‘Turkish Hackers’. Pada saat kejadian, situs yang sedang naik daun itu sempat mengalami banyak error.

Adalah perusahaan antivirus dan keamanan komputer F-Secure yang awalnya mendeteksi keganjilan pada Twitter. Menurut Mikko Hypponen, Chief Research Officer F-Secure, ada sekitar 1.000-an account yang tiba-tiba memunculkan pesan ‘Hacked by Turkish Hackers’.

Bukan sekadar Re-Tweet (menampilkan ulang pesan dari sesama pengguna Twitter-red), para korban itu nampak mengirimkan pesan dari interface yang sama dan tidak diketahui pasti. Menurut pengamatan Mikko, kebanyakan korban berasal dari Israel.

Nah, seperti dikutip detikINET dari pernyataan resmi Twitter, Selasa (22/6/2010) serangan tersebut bersamaan dengan meningkatnya jumlah error pada layanan Twitter. “Kami melihat tingkat error yang tinggi secara periodik pada Twitter.com,” sebut pernyataan Twitter.

Tingkat error yang tinggi itu terjadi pada 21 Juni 2010 waktu setempat, kurang lebih pada saat yang sama F-Secure mulai memperhatikan adanya aksi ‘Hacked by Turkish Hackers’ tadi. Setelah beberapa jam Twitter melaporkan tingkat error menurun hingga ke level sedang.

Tidak jelas apakah aksi yang diamati F-Secure berhubungan langsung dengan banyaknya error di Twitter. Bisa jadi keduanya hanya kebetulan belaka. Satu hal yang jelas, serangan yang diamati oleh F-Secure itu sendiri nampaknya sudah mereda.

( wsh / wsh )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: