Kominfo: Revisi RPM Konten Terlalu Lembek

Revisi RPM Konten
Ardhi Suryadhi – detikinet


ilustrasi (ist)

Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengaku sudah mengalah demi publik sehingga melakukan revisi terhadap RPM Konten Multimedia. Versi teranyar kebijakan ini bahkan dikatakan terlalu lembek.

“Nanti kalau RPM ini kami buka banyak yang akan terkejut, bukan karena ketakutan, tapi terkejut karena isinya terlalu soft,” ujar Kepala Humas dan Pusat Informasi Kementerian Kominfo, Gatot S. Dewa Broto kepada detikINET.

“Inilah yang diinginkan banyak pihak, setelah versi sebelumnya banyak yang menolak dan ini juga sebagai wujud tanggung jawab pemerintah ke publik,” lanjutnya.

Revisi RPM Konten ini sendiri sekarang bernama RPM Tata Cara Penanganan Pelaporan atau Pengaduan Konten Internet. Dan dikatakan bukan namanya saja yang berubah, materi dari kebijakan ini juga banyak perbedaan.

Saking lembeknya RPM Konten versi revisi ini, bahkan Gatot mengkhawatirkan malah akan menimbulkan reaksi dari publik lantaran mempertanyakan bagian ketegasannya.

“Akibatnya kami bisa menjadi sorotan publik pula, karena ini terlalu soft. Bisa saja banyak yang menilai, kok pemerintah membuat aturan yang sangat soft?” tukasnya.

“Tapi ini kita buat seperti yang diinginkan publik, dan bukan berarti cuma ganti mantel (judul-red.) tapi isinya juga berubah total. Ini risiko kami karena membuat peraturan yang soft,” Gatot menambahkan ( ash / fw )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: