Fitur Baru Wikipedia Mudahkan Edit Artikel

Rachmatunnisa – detikinet


Fitur \’pending change\’

Jakarta – Kehadiran fitur baru di Wikipedia bernama ‘pending changes’ akan memudahkan proses revisi sehingga pengguna bisa mengedit artikel kontroversial.

Dengan ‘pending changes’, pengguna bisa mengubah artikel yang sebelumnya telah ‘dikunci’. Para editor senior akan mengecek revisi tersebut baru kemudian mempublikasikan artikel yang telah diedit tersebut. Namun sayangnya pihak Wikipedia belum menyebutkan kapan fitur ini sudah mulai bisa digunakan secara global.

Dijelaskan oleh pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, sistem baru ini akan membuka semua artikel baik yang lama maupun baru. “Contohnya, artikel mengenai mantan Presiden AS George W Bush yang hingga kini dikunci untuk menghindari terjadinya pengeditan yang tidak bertanggungjawab,” ujarnya, seperti dikutip detikINET dari Telegraph, Rabu (16/6/2010).

Seperti diketahui, masuknya konten negatif dalam sebuah artikel yang dilakukan oleh para pengedit yang tidak bertanggungjawab, menjadi masalah ensiklopedia online selama beberapa tahun terakhir.

Halaman artikel mengenai tokoh-tokoh ternama atau sebuah peristiwa sempat kacau karena disusupi berbagai informasi yang menyesatkan pembaca. Beberapa informasi tokoh terkenal bahkan ada yang disebutkan sudah meninggal dunia meski sebenarnya mereka masih hidup.
( rns / ash )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: