Bocoran Dokumen Windows 8 Ungkap Rencana Microsoft di Tablet

Wicak Hidayat – detikinet


ilustrasi (inet)

Jakarta – Dokumen mengenai pengembangan Windows 8 telah bocor. Di dalamnya, terurai beberapa hal soal sistem operasi berikutnya dari Microsoft, termasuk soal ‘menyaingi’ iPad.

Salah satu yang terungkap dalam dokumen itu, Windows 8 akan difokuskan pada tiga bentuk perangkat: laptop, PC ‘all in one‘ dan slate alias tablet. Ini berarti dukungan yang lebih baik pada sentuhan dan penggunaan pengenalan wajah.

Seperti dikutip detikINET dari TheRegister, Selasa (29/6/2010), Windows 8 juga diharapkan bisa menawarkan kemampuan ‘nyala secara instan’. Ini tentunya menjadi kemampuan wajib apabila sistem itu akan digunakan pada perangkat seperti tablet.

Turut disebut-sebut pula dalam dokumen itu adalah keberadaan toko aplikasi Windows Store. Ini merupakan sebuah toko aplikasi ala App Store-nya Apple ataupun Android Market-nya Google namun untuk aplikasi yang berjalan di Windows 8.

Meski nampak mulai melirik pasar yang dibesarkan oleh iPad, menurut ArsTechnica yang dikutip detikINET, Selasa (29/6/2010), Microsoft masih tampak kurang fokus di area itu. Seyogyanya, jika mau bersaing langsung dengan Apple, Microsoft memiliki sistem operasi khusus seperti iOS.

Tentunya belum ada konfirmasi dari Microsoft apakah dokumen yang bocor itu benar-benar asli atau tidak. Pun demikian, rencana yang diungkapkan dalam dokumen itu bisa saja akan berubah seiring waktu.

( wsh / wsh )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: