Menkominfo Siap Coret RPM Konten

Achmad Rouzni Noor II – detikinet


Tifatul Sembiring (rou/inet)

Jakarta – Menkominfo Tifatul Sembiring mengindikasikan tidak akan lanjut mengesahkan  Rancangan Peraturan Menteri (RPM) tentang Konten Multimedia. Hal itu akan dilakukan jika isinya ternyata banyak bertentangan dengan kepentingan publik.

“Kalau isinya bertentangan (khususnya) dengan kebebasan pers akan kita coret. Begitu kata Tifatul,” ungkap staf khusus Menkominfo, Ahmad Mabruri kepada detikINET, Jumat (19/2/2010).

Tifatul sendiri sampai saat ini masih sulit ditemui dan dihubungi karena menurut staf lainnya, mantan Presiden PKS ini masih sibuk memimpin rapat seusai kepulangannya dari Swedia dan Barcelona dalam beberapa minggu ini.

“Saya baru balik dari Barcelona. Saya belum baca RPM itu,” kali ini masih kata Mabruri menirukan pernyataan Tifatul mengenai kisruh perdebatan RPM konten multimedia tersebut.

Tifatul sendiri saat ditemui detikINET beberapa minggu lalu di Padang, sebelum bertolak ke Swedia dan Barcelona, sempat mengaku belum pernah membaca draft RPM konten tersebut. “Soal RPM konten multimedia sudah di meja saya. Tetapi perlu dibaca lagi untuk diperiksa isinya. Saya belum sempat membacanya,” ujarnya waktu itu.

Tifatul pun menjelaskan, kalau regulasi tentang Konten Multimedia adalah lanjutan dari program Menkominfo sebelumnya. “Harus diingat, regulasi itu sudah digodok lama, sejak 2006. Jadi, ini sudah berjalan lama sebelum saya,” katanya.

Buntut dari kisruh mengenai rencana pengaturan konten multimedia ini sempat disinggung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebelum memulai rapat kabinet paripurna.

Dari situ, beredar kabar bahwa Tifatul kemudian menyalurkan kemarahannya pada segenap eselon I di Kementrian Kominfo atas maraknya kasus ini saat ia sedang bepergian ke Swedia dan Barcelona.

Namun, desas-desus amarah Menkominfo coba ditampik Mabruri selaku tangan kanannya dan Gatot S Dewa Broto selaku Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo. Keduanya menyatakan kabar kemarahan itu tidak benar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: