Kiat Ringan Menjaga anak dari kejahatan Facebook

 

Kiat Bagi Orangtua Menjaga anak dari kejahatan internet

1.  Prakata

Seperti kita ketahui bahwa serangan dunia tehnologi di tanah air sudah tidak mungkin lagi dibendung . Arus kemajuan tehnologi ini dalam perjalanannya dari hulu menuju hilir  membawa sangat banyak efek samping baik itu positif maupun negative.

“ ibarat arus sungai yang membawa beragam sampah dan kehidupan didalamnya. Kehidupan didalam sebuah arus sungai dapat kita manfaatkan untuk kehidupan sehari-hari seperti ikan, airnya, sayuran air yang terdapat didalamnya dan lain sebagainya sehingga dapat memberikan keseimbangan terhadap lingkungan, sedangkan sampah yang terbawa oleh arus sungai banyak pula yang masih bermanfaat dan memberi penghidupan bagi orang lain. “

 

Tehnologi sendiri dapat diibaratkan seperti sebuah pisau yang bermata tajam, dapat digunakan untuk memotong semua yang kita perlukan dalam kehidupan sehari-hari, namun bukanlah kesalahan sebuah pisau apabila digunakan untuk merampok, membunuh atau apapun bila digunakan untuk hal-hal yang negative.

Pisau bagi anak-anak kita ( terutama perempuan ) sudah harus diajarkan cara menggunakannya pada saat masih usia remaja dini agar dapat mereka gunakan untuk memasak, bagi anak lelaki disebagian belahan bumi tanah air ( pisau atau golok / parang ) sudah wajib menggunakannya untuk keperluan berkebun, berladang ataupun masuk ke hutan.

Melalui tulisan ini penulis ingin mengajak semua masyarakat Indonesia untuk menyadari bahwa arus tehnologi dunia yang masuk ke tanah air tidak akan dapat kita bendung, demikian juga tools yang digunakan baik itu software dan  hardwarenya yang diibaratkan sebuah mata pisau yang tajam tidak dapat kita larang penggunaannya bagi anak-anak kita namun wajib kita ajarkan dan arahkan penggunaannya agar tidak mereka gunakan sebagai sarana melakukan kejahatan ataupun menjadi korban dari kejahatan.

Tetapi ada satu permasalahan yang dihadapi oleh kita para orang tua, yaitu kadang kala kita  sendiri tidak mengerti akan arus dan tools tehnologi ini, sehingga kita kesulitan untuk mengarahkan anak-anak kita dalam menggunakan sebuah tehnologi apalagi untuk menghindari kejahatan yang ada didalamnya.

2.  Beberapa Perangkat Tehnologi Anak

Sebagai orang tua ,kita tidak harus mendalami tehnologi tetapi paling tidak mengerti perangkat tehnologi yang digunakan oleh anak kita dalam bersosialisasi. Dibawah ini ada beberapa hal yang berkaitan dengan perangkat tehnologi yang sedang berkembang di masyarakat kita.

Hardware

Hardware atau alat yang sering digunakan untuk bersosialisasi dan berhubungan dengan teman-temannya, dan sangat mungkin juga digunakan sebagai alat kejahatan ( baik anak anda berpotensi sebagai pelaku ataupun korban ) adalah :

1. Handphone , baik yang memiliki fasilitas internet ataupun tidak .

Namun pada saat ini rata-rata handphone sudah memiliki fasilitas internet.

2. Komputer Personal / PC yang anda belikan buat anak anda.

3. Personal Data Assistance ( PDA ).

4. Laptop / Notebook / Netbook.

Software

Software atau perangkat lunak merupakan sarana yang menjembatani hardware yang dimiliki oleh putra-putri anda untuk bersosialisasi dengan dunia luar , dalam hal ini perangkat lunak yang saya maksud adalah fasilitas-fasilitas internet yang dapat digunakan untuk melakukan sosialisasi ataupun yang sering disebut dengan media social atau juga jejaring social , yaitu :

  1. Facebook
  2. Friendster
  3. Twitter
  4. Yahoo Mesenger / YM
  5. MIrc
  6. etc.

3.  Monitoring Perangkat Tehnologi anak anda

Handphone / PDA

Cobalah untuk mengikuti langkah dibawah ini :

  1. Selalu perhatikan SMS , Gambar-gambar dan rbt dari handphone anak anda. Beri pengetahuan kepa anak anda bahwa tidak aman menyimpan foto pribadi didalam handphone , karena handphone sangat rawan di bajak isinya.
  2. Jangan memarahi anak anda apabila ditemukan gambar atau sms yang tidak pantas, karena dilain waktu anak anda akan lebih pintar menyembunyikan gambar atau sms tersebut, tetapi beri pengertian kepada anak anda dan jadikan catatan buat anda.
  3. Perhatikan sms atau mms yang berupa kiriman kata2 atau gambar yang tidak pantas berasal dari mana, catat nomor tujuan atau pengirimnya, laporkan ke polisi apabila menurut anda merupakan ancaman bagi anak anda.
  4. Selalu nasihati anak anda untuk tidak menyimpan gambar-gambar yang tidak pantas dan dilarang menurut hukum karena handphone merupakan alat yang sangat tidak aman untuk menyimpan gambar ataupun sms, karena banyak perangkat lunak bebas yang dapat digunakan untuk menyadap gambar di handphone anda, dengan memberikan pengertian ini diharapkan ada rasa khawatir ataupun kehati hatian bagi anak anda.

Komputer personal / PC

  1. Selalu periksa isi computer anak anda, terutama yang berupa file gambar , baik yang nyata ataupun yang merupakan hidden file ( jangan lupa bahwa kadangkala  anak-anak kita lebih pandai dari pada kita ) konsultasikan caranya ke teman anda yang mengerti computer apabila anda tidak mengerti tentang computer ( tanyakan pula tentang bagaimana melihat file yang disembunyikan / hidden files ) karena anak anda dapat menjadi korban atau pelaku bermula dari computer pribadinya.
  2. Berusahalah untuk membuat filter dari situs-situs porno atau sejenisnya sehingga situs-situs  tersebut tidak dapat diakses dari komputer anak anda, sekali lagi mintalah bantuan teman anda yang mengerti akan hal ini.

Laptop / Notebook / Netbook

  1. Pengawasan untuk Laptop sama dengan computer biasa, namun laptop lebih sulit diawasi karena  laptop biasanya jarang digunakan dirumah, namun lebih banyak digunakan diluar rumah.
  2. Berikan pembelajaran kepada anak anda bahwa penggunaan laptop sangat rentan di interception / di tapping atau di curi datanya. Terutama apabila laptop tersebut menggunakan jaringan wifi atau hotspot ditempat umum.
  3. Dalam penggunaan hotspot atau wifi ditempat umum, data yang umum dengan mudah didapat adalah sebagai berikut :
    1. Password dan username  email.
    2. Password dan username Account facebook, twitter , YM dll.
    3. File-file pribadi anda baik itu berupa text maupun gambar.

Dengan memberikan masukkan seperti ini diharapkan orang tua dapat menyadarkan anak-anak mereka agar dapat selalu berhati-hati menggunakan fasilitas hotspot / wifi ditempat umum dan agar tidak menyimpan file-file rahasia dan pribadi di laptop yang sering digunakan ditempat umum.

Facebook

Keinginan anak anda untuk membuka account di facebook sangat susah ditekan, semakin ramai diberitakan maka semakin besar pula keingin tauan mereka untuk membuka account di facebook.

Cara terbaik adalah dengan memperhatikan perilaku anak anda seperti langkah berikut ini :

  1. Apabila anda tidak mengerti tentang facebook.
  1. Cobalah untuk mencari tau dari anak anda  siapa saja teman-teman terdekat mereka di facebook.
  2. Cobalah untuk mencari tau siapa saja yang sering mengajak ngobrol anak anda di facebook dan apakah ada orang-orang yang ingin selalu mengajak untuk bertemu ( tatap muka ).
  3. Cobalah untuk minta diajari oleh anak anda untuk membuka account di FB dan menjadi “friend / teman “ anak anda di FB, sehingga anda dapat mengawasi perilaku mereka di Facebook.
  4. Apabila anda tidak mempunyai waktu untuk mengawasi anak anda cobalah untuk mewakilkan seseorang atau sebuah group untuk mengawasi perilaku anak-anak anda di facebook lalu memberi laporan kepada anda, karena telah banyak bermunculan group-group Security yang dapat membantu anda mengawasi anak-anak anda.
  5. Intinya adalah selalu berkomunikasi dengan anak anda tentang apa yang mereka lakukan di facebook, siapa saja yang mereka temui dan kemana saja arah pembicaraan anak-anak anda di facebook.

       2.  Apabila anda mengerti tentang facebook dan mempunyai account di FB

  1. Buatkanlah Account facebook untuk anak anda sebelum dia membuatnya di warnet atau tempat lain.
  2. Simpan selalu password fb dan password email anak anda pada saat login FB, karena melalui email anak anda , anda akan selalu dapat mengontrol perilaku dan inbox yang masuk untuk anak anda.
  3. Jangan beritaukan kepada anak anda kalau anda mengetahui password mereka, karena mereka akan merasa risih dan merasa diawasi privacynya.
  4. Apabila anak anda sudah memiliki account di fb cobalah untuk mengetahui password email dan account di fb mereka, lebih utama untuk mengetahui password email, karena account facebook dapat selalu di awasi  asalkan kita mempunyai account email mereka.
  5. Selalu menjadi “ friend “ bagi anak anda di facebook untuk mengawasi perilaku teman-teman dan komentar-komentar untuk ataupun dari anak anda.

Berikut ada 14 tips tambahan dari rekan Heru Sutadi  yang juga sudah pernah dimuat di Okezone.com

14 Tips Menggunakan Internet Secara Cerdas

1. Internet adalah gudang ilmu, gunakan semaksimal mungkin untuk mencari informasi yang menunjang pelajaran, kuliah, penelitian, pekerjaan dan hal-hal yang mencerdaskan lainnya.

2. Jangan mengumbar atau memberikan data diri Anda dengan mudah di Internet, sebab data diri Anda bisa saja disalahgunakan pihak lain.

3. Internet bersifat anonimous, mengaku perempuan tapi lelaki, bernama X tapi ternyata Y, tinggal di kota A tapi sesungguhnya di B, sehingga jangan percaya begitu saja akan informasi yang disampaikan.

4. Jejaring sosial seperti Facebook, Friendster, Twitter, My Space dan sebagainya baik untuk mempererat tali silaturahmi, berdiskusi akan banyak hal, tapi gunakanlah secara bijak, atur waktu mengakses agar tetap produktif dan jangan sembarangan menerima ajakan ”kopi darat”/bertemu dengan orang yang belum dikenal.

5. Internet mempermudah transaksi bisnis, perbankan maupun jual-beli barang, untuk itu gunakan transaksi dengan tingkat security yang aman, berhati-hati dengan nomor kartu kredit, PIN e-banking, sebab penjahat internet siap mengintai setiap saat.

6. Bagi orang tua, dampingi putra-putri saat mengakses internet dan berikan penjelasan serta batasan apa saja yang boleh diakses.

7. Untuk membatasi putra-putri yang di bawah umur mengakses situs pornografi.pornoaksi, gunakan program-program filter (seperti netnanny, K9 web protection) di komputer sehingga akses internet dapat terbatasi untuk situs-situs yang aman saja.

8. Saat ini, koneksi internet Indonesia yang terhubung ke luar negeri memerlukan kapasitas lebar pita yang besar, untuk itu utamakan membuat dan mengakses konten-konten lokal dan tidak mendownload file-file yang tidak perlu dari situs di luar negeri.

9. Selalu log out setelah Anda log in suatu aplikasi maupun transaksi apapun. Keadaan tetap log in beresiko jika ada pihak lain yang kemudian melanjutkan aplikasi maupun transaksi terutama untuk akses internt di tempat umum seperti Warnet.

10. Bahasa tulis berbeda dengan bahas lisan, sehingga gunakanlah tata bahasa yang baik dan tidak menimbulkan salah pengertian pihak lain. Kalaupun dirasa ada yang tidak pas dengan bahasa yang tertulis, pemakluman diperlukan mengingat tingkat pendidikan dan pengalaman yang berbeda ataupun kesulitan dalam menerjemahkan bahasa lisan ke tulisan, apalagi internet terutama dengan booming jejaring sosial, masih merupakan ”mainan’ baru bagi kita semua.

11. Internet bukan wilayah bebas tanpa hukum, dimana kejahatan yang dilakukan secara off line (tradisional) kemudian beralih dengan memanfaatkan teknologi informasi (online) kini juga dapat diproses secara hukum. Penjahat cyber seperti cracker, carder, pencuri data/informasi elektronik kini juga dapat dijerat secara hukum. Begitu juga bagi pihak-pihak yang melakukan penipuan, pemerasan, atau penghinaan/pencemaran nama baik secara online.

12. Perhatikan soal hak cipta saat menyalin (copy-paste) maupun menyebarkan tulisan, gambar atau video dari pihak/situs lain agar tidak ada tuntutan dikemudian hari.

13. Tidak memproduksi maupun menyebarkan spam, virus, HOAX, termasuk juga gambar/foto pornoaksi dan pornografi, terutama pornografi anak.

14. Karena akses internet berbiaya, terutama yang menggunakan waktu (seperti dial up ataupun di warnet-warnet) maupun volume, maka gunakan internet seperlunya agar biaya tidak membengkak. Kalaupun bersifat unlimited, tetap matikan akses jika sudah tidak dipakai agar jika ada pengguna lain yang ingin menggunakan, mendapatkan kualitas layanan yang seperti diharapkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: