‘Game Online Sebabkan Kehamilan dan Kecanduan Obat’

Fino Yurio Kristo – detikinet


Ilustrasi (ist)

Beijing – Sepertinya pemerintah China tak akan berhenti mengkritik game online ataupun sisi negatif dunia cyber. Belum lama ini, saluran berita resmi pemerintah China menyalahkan popularitas beberapa game online sebagai penyebab masalah seperti kecanduani obat, kehamilan remaja bahkan pembunuhan.

Dalam program bertajuk “Confession of a Murderer — Focus on Pornography and Violence in Online Games”, stasiun China Central Television (CCTV) meliput tentang seorang pria yang dihukum di sebuah penjara seumur hidup.

Diklaim bahwa pria tersebut melakukan pembunuhan karena butuh uang untuk membeli barang virtual dari game. “Dia membunuh 5 orang, dan alasan dia menceburkan diri di dunia kejahatan adalah karena adiksinya pada video game kekerasan,” demikian tersebut dalam laporan itu.

Selanjutnya, laporan beralih pada berita mengenai seorang gadis 14 tahun yang hamil dengan pria yang ditemuinya via game online. Sang gadis memainkan game berunsur negatif bernama ‘Audition’, yang disinyalir memicu kaum muda senang melakukan hubungan intim.

Bulan ini, CCTV juga sudah menayangkan laporan bagaimana sebagian kaum muda ketagihan minum obat untuk menjaga stamina kala main game. Sebab, untuk bermain game semalaman suntuk misalnya, mereka jelas membutuhkan doping tenaga ekstra.

Pemerintah China sudah sering memblokir berbagai game online karena dinilai meracuni kaum muda. Dilansir ComputerWorld dan dikutip detikINET, Senin (28/12/2009), China memiliki jumlah pengguna internet terbanyak di dunia dan 210 juta di antaranya memainkan game online. ( fyk / ash )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: