Aplikasi Ponsel Pantau Suara Bising

Santi Dwi Jayanti – detikinet


Noise (Newscientist)

Jakarta – Sebuah aplikasi ponsel yang dikembangkan oleh Sony Computer Science Laboratory ini akan membantu membuat lingkungan lebih tenang dan jauh dari polusi suara.

Nicolas Maisonneuve dari laboratorium milik Sony di Prancis dan timnya telah mengembangkan aplikasi software yang bisa didownload bernama NoiseTube. NoiseTube memanfaatkan smartphone milik pengguna, untuk memonitor polusi suara yang terjadi di tempatnya. “Golnya adalah untuk menjadikan ponsel sebagai sensor lingkungan,” ujar Masionneuve.

Awalnya aplikasi ini bekerja dengan merekam suara lewat mikrofon ponsel. Pengguna lantas diminta untuk melabeli hasil rekaman yang mereka himpun tadi dengan informasi seperti sumber suara, sebelum dikirimkan ke server NoiseTube.

Begitu data itu dilabeli dengan nama jalan dan kota, data ini kemudian dikonvert oleh software pusat ke dalam sebuah format yang bisa dipakai di Google Earth. Software dalam server ini lantas akan menandai lokasi yang dinilai bising, dengan label bahaya.

Dilansir detikINET dari Newscientis, Jumat (20/11/2009), sejauh ini aplikasi tersebut hanya bisa beroperasi di smartphone milik Sony Ericsson dan Nokia. Namun sepertinya banyak pihak yang tertarik dengan aplikasi ‘cinta lingkungan’ ini. ( sha / faw )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: