Mabes Polri Harus Beri Kepastian Posisi Anggodo

Kamis, 05/11/2009 11:23 WIB

Elvan Dany Sutrisno – detikNews


Jakarta – Mabes Polri harus menjelaskan secara resmi soal posisi Anggodo Widjojo. Hal ini sangat penting untuk menghilangkan keraguan publik atas profesionalisme lembaga kepolisian.

“Kalau benar ditangguhkan atau tidak, polisi harus menjelaskan mengenai kebijakan yang diambil meskipun itu kewenangan sepenuhnya yang dimiliki penyidik,” kata anggota Komisi III DPR Gayus Lumbuun kepada detikcom, Kamis (5/11/2009).

Menurut Gayus, Anggodo sebaiknya tidak ditangguhkan penahannya. Sebab, sewaktu-waktu penyidik Polri membutuhkan informasi Anggodo bisa langsung diminati keterangan. Sementara, jika Anggodo dilepas, dan Anggodo tak terlacak lagi, tanggung jawab Polri akan dituntut oleh publik.

“Harapan saya dia (Anggodo) tidak ditangguhkan dulu. Karena keberadaan dia sangat diperlukan untuk membuka rekaman,” paparnya.

Kapolri Jenderal BHD sebelumnya menyatakan bahwa Anggodo tak pernah keluar dari Mabes Polri sejak diperiksa pada Selasa malam. Hal ini berbeda dengan pengamatan wartawan di lapangan semalam yang melihat Anggodo keluar dari Mabes Polri sekitar 21.30 WIB dan dibenarkan pengacaranya, Bonaran Situmeang.

Direktur II Ekonomi Khusus Bareskrim Kombes Raja Erizman siang ini memiliki keterangan dengan Kapolri. Dia menyebutkan Anggodo sempat keluar dari Mabes Polri lalu kembali lagi beberapa jam kemudian. Saat ini, menurutnya, Anggodo masih di Mabes Polri.

(yid/nrl)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: