Disesatkan, Blogger Pelancong Tundukkan Agen Wisata

Santi Dwi Jayanti – detikinet


Andrew Sharman (telegraph)

Jakarta – Merasa disesatkan oleh agen wisata, seorang pelancong di Inggris akhirnya memilih menggunakan ‘senjata’ blog dan Google.

Kedua ‘senjata’ internet ini dipilih oleh Andrew Sharman (23) gara-gara komplain yang ia layangkan pada perusahaan yang bergerak di bidang perjalanan wisata bernama Thomson, tidak mendapat respon yang baik.

Sharman mengatakan, mesin pencari Google telah menampilkan halaman blognya di hasil pencarian paling atas, saat kata ‘Thomson Tunisia trip’ diketikkan.

Semua ini bermula dari penipuan yang dilakukan oleh Thomson saat Sharman dan pacarnya memakai layanan mereka saat berlibur ke Tunisia. Sejoli itu diberitahu bahwa makanan dan minuman di tempat itu murah, tersedianya scuba diving dan bahkan mereka bisa mampir ke Sahara.

Namun apa yang terjadi? Ketika tiba di sana Sharman dibuat kecewa karena semua informasi yang ia terima tidak ada yang benar. Selain kaget karena kamar yang ia diami tak terawat, ternyata harga bir di sana 2 kali lipat lebih mahal. Selain itu tak ada scuba diving, serta masih banyak hal lain yang di luar perkiraannya.

Marah, Sharmanpun melayangkan keluhan sepanjang 10 halaman pada Thomson yang baru dibalas 6 minggu kemudian dan tanpa ada tindakan apa-apa.

Merasa dicuekin, Sharman pun terjun ke internet. Ia ngeblog atas saran dari biro online marketing yang kemudian mempublikasikannya ke Twitter.

Dilansir detikINET dari Telegraph, Kamis (17/9/2009), dalam ‘Rant Blog’nya, Sharman menumpahkan kekesalannya dan tak dinyana ia berhasil membuat hits dengan kunjungan sebanyak 10.000 orang.

Kekuatan internet ini akhirnya membuat Thomson gentar. Perusahaan wisata yang imagenya jadi buruk karena blog tersebut akhirnya memberikan uang hampir 600 Pounds pada Sharman sebagai refund.

( sha / ash )

Baca juga:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: