ARM Ingin Gerogoti Pasar Netbook

Kamis, 17/09/2009 15:22 WIB
Wicak Hidayat – detikinet


ilustrasi (ist.)

Jakarta – ARM, desainer chip asal Inggris, hendak menggerogoti pasar Netbook yang saat ini masih didominasi Intel. Mereka mengumumkan prosesor 2GHz yang bisa digunakan untuk Netbook.

Prosesor bernama Cortex A9 MPCore itu merupakan upaya ARM menghasilkan produk untuk Netbook maupun perangkat besar lain seperti server. Selama ini ARM lebih berjaya di area perangkat kecil seperti ponsel.

Cortex A9, seperti dikutip detikINET dari PCPro.co.uk, Kamis (17/9/2009), diklaim mampu mengungguli Atom dari berbagai sisi. Misalnya, prosesor ini disebut lebih bertenaga dibandingkan Atom-nya Intel namun dengan konsumsi daya yang sama rendahnya.

Hanya ada satu masalah jika ARM ingin prosesornya sukses menggerogoti pasar Netbook. Saat ini Cortex A9 belum mendukung sistem operasi Windows seperti Windows XP, Vista ataupun Windows 7.

Kalaupun akhirnya mewujud dalam sebuah Netbook, ARM Cortex A9 diduga akan menghadirkan produk berbasis Linux. Atau, alternatif lainnya, adalah menggunakan sistem operasi untuk ponsel seperti Google Android, Windows CE atau bahkan Windows Mobile.

( wsh / wsh )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: