Indonesia ‘Lahan Basah’ Bagi HP

Rabu, 16/09/2009 09:12 WIB
Laporan dari Singapura

Fransiska Ari Wahyu – detikinet


ilustrasi (dok. detikcom)

Singapura – Serbuan berbagai produk personal computer (PC) di pasar tak urung membuat para pemain, tak terkecuali pemain besar seperti Hewlett-Packard (HP), harus berjibaku untuk memenangkan persaingan. Dalam bisnis PC, Indonesia dipandang sebagai pasar yang cukup menjanjikan untuk terus diselami.

“Indonesia merupakan pasar yang penting bagi HP,” tukas NG Tian Chong, Vice President General Manager Personal Systems Group South East Asia, Taiwan & Korea di sela-sela acara temu media bertajuk “Nothing but HP for me” di Amara Sanctuary Resort Sentosa, Singapura, Selasa (15/9/2009) malam.

Tian Chong menambahkan, bukan hanya Jakarta yang menjadi pasar menggiurkan bagi HP tapi juga wilayah lain di luar ibukota. ‘Gerilya’ ke wilayah di luar Jakarta menjadi salah satu strategi yang ditempuh HP untuk bisa merengkuh semakin banyak konsumen.

Beberapa waktu sebelumnya, Megawaty Khie, Managing Director Personal Systems Group HP Indonesia pernah menyebutkan bahwa berdasarkan data lembaga analis IDC, market share HP di bisnis PC Client pada kuartal I 2009 masih berada di angka 13%. Namun pada kuartal II, kekuasaan mereka kian besar dengan merengkuh 15,6%.

Hal ini berbanding terbalik dengan Acer, yang selama ini berjaya sebagai pemimpin pasar industri PC di Tanah Air. Pada kuartal I, masih menurut data IDC, Acer tercatat memiliki market share 21%. Sayang produsen PC asal Taiwan itu tak kuasa menahan pasarnya sampai harus melorot di kuartal II dengan market share 19,3%.

Tentunya hal ini melecut semangat HP untuk terus berjuang agar menjadi raja di ranah bisnis PC Indonesia. “Yang jelas, PC ingin jadi market leader,” pungkas Tian Chong.

( faw / wsh )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: