Varian Baru Trojan Intai Pengguna Skype

Fransiska Ari Wahyu – detikinet


Skype (ist)

Jakarta – Para pengguna layanan Skype hendaknya waspada. Pasalnya sebuah varian baru Trojan menjangkiti layanan telepon internet ini. Program jahat tersebut siap merekam panggilan telepon dan mengirimkannya ke cracker.

Dikutip detikINET dari Cellularnews, Senin (31/8/2009), Trojan yang terdeteksi sebagai Trojan. Peskyspy tersebut memiliki kemampuan untuk merekam suara panggilan dari Skype, menconvert audio ke file MP3, mengenkripsi dan mengirimkannya ke penyerang.

Seperti ‘tabiat’ Trojan pada umumnya, varian Trojan yang satu ini juga menyamar dan mengelabui user untuk mengklik sebuah link atau mengunduh freeware. Nah, saat user menginstalnya, Trojan ini mulai beraksi merekam panggilan dan mengirimkan file seperti mp3 ke cracker.

“Yang paling terancam di sini adalah data personal. Namun, hal ini tergantung pada siapa yang membuat panggilan yang mungkin pembicaraannya menarik untuk direkam,” tukas Cecilia Lundin, kepala komunikasi di perusahaan keamanan Symantec.

Namun, tidak dijelaskan secara terperinci berapa banyak yang telah menjadi korban dari program jahat ini atau berapa banyak yang berpotensi untuk diserang.

“Kami mengimbau user untuk waspada. User hendaknya tidak mengklik suatu link yang terlihat mencurigakan di email yang mereka terima, dan pastikan untuk meng-update anti virus,” tambah Lundin. ( faw / fyk )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: