IWIC Siap Lahirkan Inovasi Bernilai Komersial

The 4th IWIC 2009
IWIC Siap Lahirkan Inovasi Bernilai Komersial
Tim IWIC 2009 – detikinet

Jakarta – Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) 2009 kembali hadir memberikan wadah berkompetisi bagi generasi muda di bidang teknologi wireless. Ada satu yang baru dari kompetisi yang telah memasuki tahun ke-4 ini, yaitu akan hadirnya inovasi-inovasi yang tidak hanya bernilai komersial tetapi juga untuk jejaring sosial dan pendidikan.

Mengambil tema “Innovation, Research and Developing Entrepreneurship in Wireless Business”, IWIC 2009 hadir dengan kategori sebagai berikut :

  1. Research and Development in Wireless Technology : bagi perguruan tinggi di seluruh Indonesia
  2. Mobile Wireless Application : bagi perorangan atau individu, mahasiswa dan masyarakat umum dengan beberapa sub kategori :
    1. Business and Commerce, aplikasi yang terkait langsung dengan lingkup bisnis dan komersial, seperti: aplikasi dalam mobile advertising, mobile tracking and navigation, mobile payment, dll
    2. Social Networking, aplikasi yang terkait aktifitas jaringan sosial, seperti pengembangan dari aplikasi jaringan sosial yang telah ada (advance social networking, instant messaging, dll)
    3. Learning and Education, aplikasi yang terkait aktifitas pendidikan seperti: aplikasi untuk mobile learning, dll.

IWIC merupakan kelanjutan dari inisiatif perusahaan untuk menjadi pelopor dalam menumbuhkan dan membangun nilai berinovasi dalam diri generasi muda sekaligus sebagai implementasi program tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pendidikan melalui payung INDONESIA BELAJAR. Hingga saat ini tak kurang dari 1000 inovasi telah dihasilkan oleh para peserta yang adalah generasi muda dari seluruh penjuru Nusantara.

Kompetisi the 4th IWIC 2009 ini bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi sebagai penasehat (advisor) program sekaligus anggota tim penilai, khususnya untuk kategori Research and Development Competition serta dengan Inkubator Industri dan Bisnis ITB sebagai mitra pengembangan kewirausahaan khususnya bagi kategori mobile wireless application. Kemitraan ini diharapkan dapat menambah value program IWIC dengan hasil kompetisi yang semakin berkualitas. Para nominator nantinya akan berkesempatan untuk mengikuti program inkubasi kewirausahaan di bidang wireless yang bekerjasama dengan pihak Inkubator Industri dan Bisnis ITB.

Kompetisi menerapkan beberapa persyaratan untuk karya yang diikutsertakan antara lain karya yang dihasilkan dapat diaplikasikan di berbagai platform, karya harus orisinal, unik, dan belum pernah diikutsertakan lomba lain sebelumnya. Karya yang menjadi pemenang, akan ditinjau oleh Indosat, untuk dapat ditindaklanjuti sebagai fitur yang akan dikomersialkan, dan untuk hal ini akan dilakukan negosiasi terpisah.

IWIC sebagai bagian dari program kepedulian sosial perusahaan telah mendapat pengakuan dan penghargaan dari beberapa pihak, antara lain sebagai The Best CSR Program selama 2 tahun berturut-turut dari Selular Award 2007 dan Selular Award 2008. Selanjutnya IWIC juga mendapat penghargaan sebagai PR Program of The Year 2009 dari majalah MIX, dengan memenangkan 5 (lima) kategori sekaligus antara lain Gold Winner for Objective program, Gold Winner for  Concept program, Gold Winner for Result program, Bronze Winner for Originalitas program dan Silver Winner for Overall program.

Seluruh keterangan terperinci mengenai program ini, sekaligus syarat dan cara mengikutinya, dapat dilihat di  http://www.indosat.com/iwic atau http://www.i-wirelessinnovation.com atau email ke iwic2009@indosat.com, atau FaceBook Group di Indosat Wireless Innovation Contest – Internet & Technology Mobile

Indosat mempersiapkan berbagai apresiasi bagi karya inovatif ini, yaitu hadiah total ratusan juta Rupiah beserta perangkat gadget paling mutakhir serta kesempatan untuk mengikuti program inkubasi industri dan bisnis ITB. Khusus pemenang Research and Development in Wireless Technology akan mendapatkan Dana Riset senilai total 500 juta Rupiah.

One Response

  1. tulisan yang sangat bagus, kritis dan membangun…. trim’s

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: