Bawa Pentungan, SBY Hajar Tikus Koruptor di Game

Kamis, 09/07/2009 08:47 WIB
Catatan Oleh Rama
Bawa Pentungan, SBY Hajar Tikus Koruptor di Game
Penulis: Eko Ramaditya Adikara – detikinet

Game SBY Anti Koruptor (divinekids)

Jakarta – Bagi Anda pecinta game mungkin sudah tak asing lagi dengan si tukang ledeng Mario dari Nintendo, atau Sonic si landak biru keluaran Sega. Keduanya adalah maskot game petualangan asal luar negeri yang sudah cukup terkenal.

Namun ternyata, Calon Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun tidak mau kalah. Tak tanggung-tanggung, beliau nongol di dua game sekaligus! Penasaran?

Dua game yang mengetengahkan karakter utama presiden RI ke-6 ini dirilis untuk PC, masing-masing berjudul “Game SBY Anti Koruptor” dan “Game SBY Boediono.” Keduanya digarap oleh sebuah pengembang game lokal, Divinekids Associates (www.divinekids.com), yang dimotori oleh David Setiabudi.

Untuk diketahui saja, pengembang game lokal ini pernah mendapatkan penghargaan dari berbagai media — termasuk MURI (Museum Rekor Indonesia) — sebagai penghasil game pertama resmi Indonesia.

Dalam Game SBY Anti Koruptor, SBY harus menghadapi tikus-tikus koruptor yang berkeliaran di banyak desa dan kota.

Saat melawan tikus-tikus di desa, SBY menggunakan pentungan sebagai senjata, sedangkan saat bertempur di kota beliau naik pesawat terbang dan diberi kemampuan mengeluarkan tenaga dalam berbentuk bintang yang merupakan logo Partai Demokrat.

Di game kedua, Game SBY Boediono, pemain akan dibawa bertualang dengan suguhan game platformer ala Mario Bros. Ia dapat berjalan dan melompat dengan lincahnya.

Skema kontrolnya memang agak beda. Kita tidak menggerakkan karakter dengan keyboard, melainkan mengklik perintah yang ada di layar. Semisal Anda ingin jongkok, tinggal klik icon jongkok, begitu pula jika Anda ingin melompat atau melakukan aksi lainnya.

Anda dapat memilih apakah ingin bermain sebagai SBY atau Boediono. Masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihannya sendiri-sendiri. Misalnya, SBY punya energi besar tapi lompatannya tak setinggi Boediono, begitu pula sebaliknya.

Izin Sulit

Khusus di game kedua ini, penulis mendapat kehormatan untuk mengisi ilustrasi musiknya. Saat ditanya soal ijin pembuatan game ini, David mengaku dirinya sempat kesulitan memperoleh ijin dari Partai Demokrat.

“Saya berusaha agar game ini disyahkan supaya tidak ada salah paham, tapi ternyata susah juga, jadi akhirnya saya nekad rilis game ini,” jelasnya.

Usaha David ternyata membuahkan hasil. Dalam sebuah perhelatan, ia mengaku bertemu dengan SBY dan setelah menunjukkan game tersebut, SBY setuju dan menandatangani sendiri ijin rilis game ini.

David menambahkan bahwa dua karyanya ini bukan ditujukan untuk kepentingan kampanye atau semacamnya, tapi murni ingin meramaikan pesta demokrasi yang tengah dirayakan bangsa

Indonesia tahun ini. “Kalau pasangan calon presiden lain berkenan, saya tidak keberatan membuat game untuk mereka,” kelakar David.

Game SBY Anti Koruptor dan Game SBY Boediono ini dapat diunduh gratis di http://www.divinekids.com. Jangan khawatir kesulitan download, karena ukuran kedua game ini cukup kecil, sekitar 7 MB per game. ( ash / ash )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: