Hadapi Telkom, ISP Lokal bak Melawan Goliath

Sabtu, 11/07/2009 07:25 WIB

Andrian Fauzi – detikinet

Vivi Mariska (afz/inet)
Jakarta – Ibarat David melawan Goliath. Sebagai perusahaan penyedia layanan internet (ISP), PT Melvar Lintasnusa (Melsa) kembang kempis melawan Telkom dengan produk Speedy-nya.

Dalam 3 bulan terakhir saja, jumlah pelanggan Melsa sudah turun 10 persen. Angka sebesar itu cukup signifikan di tengah kompetisi ISP lokal yang kian ketat.

“Ada penurunan dan itu cukup signifikan. Dari 3 bulan terakhir terjadi penurunan sekitar 10 persen,” ujar Vivi Mariska, Vice President Marketing dan Promosi PT Melvar Lintasnusa (Melsa) kepada detikINET, Jumat (10/7/2009) petang.

Vivi menambahkan, kabanyakan dari pelanggannya yang pindah layanan karena terbujuk oleh promo tarif murah. “Memang masyarakat kita sensitif terhadap tarif,” tegasnya.

Tak tinggal diam, Melsa sebagai ISP lokal yang memiliki lebih dari 400-an pelanggan di Bandung ini langsung memutar otak. Beberapa solusi unggulan disiapkan olehnya. Tak hanya itu, sasaran pasarnya pun mulai merambah ke perusahaan-perusahaan kecil.

“Kita coba cari korporat yang butuh interkoneksi Jakarta-Bandung. Kita sasar pasar yang tidak bisa dimasuki oleh kompetitor,” tegas gadis ayu ini.

2 Responses

  1. Mungkin salah satu penyebab lambatnya perkembangan SDM kita adalah kesalahan pemerintah yang belum bisa menghadirkan internet murah.

  2. Benar sekali pak aliv, padahal sebetulnya kita mampu kok punya bandwitdh murah…tapi kembali ke mental pengusaha dan pemerintahnya pak…ini dalam waktu dekat akan keluar wimax..yg katanya sangat murah…. tapi ternyata hitung punya hitung akan jadi mahal juga ….kita lihat saja nanti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: