Pekerja IT di Indonesia Kurang Peduli Sertifikasi


Andrian Fauzi – detikinet


Dimitri (afz/inet)

Jakarta – Pekerja IT di Indonesia yang memiliki sertifikasi profesi masih sedikit. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya kesadaran kompetensi. Padahal sertifikasi bukan hanya memberikan keuntungan bagi pekerja tapi juga kepada perusahaan tempat bekerja.

Hal tersebut dikatakan oleh Chief Lembaga Riset Telematika Sharing Vision, Dimitri Mahayana saat berbincang dengan detikINET, Selasa (7/7/2009). Menurutnya pekerja IT di Indonesia masih memikirkan manfaat sertfikasi hanya bagi dirinya sendiri bukan keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan dengan adanya sertifikasi tersebut.

“Separuh dari responden kami beranggapan bahwa sertifikasi tidak mempengaruhi kompetensi. Pola pikirnya masih melihat diri sendiri, bukan perusahaan keseluruhan,” paparnya.

Padahal, lanjutnya, secara global berdasarkan hasil survey TechRepublic.com pada 2008, menunjukkan bahwa 64 persen responden menilai sertifikasi sangat mempengaruhi kompetensi pribadi apalagi perusahaan.

Dari survei yang dilakukan oleh Sharing Vision terungkap bahwa 71,4 persen dari 3.267 responden pekerja TI di Indonesia belum memiliki sertifikasi. Hal ini sejalan dengan jawaban responden yang menyebut manfaat terbesar yang dirasakan yaitu mampu meningkatkan kolaborasi dengan manajemen, berdampak positif ke finansial perusahaan, serta meningkatkan kredibilitas perusahaan.

“Di sisi lain, perusahaan sendiri belum memperlakukan layak pemegang sertifikasi. Mayoritas manajer TI masih lebih memperhatikan latar belakang kompetensi, terutama pendidikan terakhirnya,” tandas pria yang juga berprofesi sebagai dosen Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB ini menjelaskan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: