Kecaman pada Andi Mallarangeng Terus Berlanjut

Para anggota KPUD Bali menemui para demonstran dari Forum Bhinneka Tunggal Ika di depan kantor KPUD Bali, Denpasar, Senin (6/7). Para demonstran mengecam pernyataan salah satu tim sukses SBY-Boediono, Andi Mallarangeng di Makassar beberapa waktu lalu.

Senin, 6 Juli 2009 | 10:48 WIB

Laporan wartawan KOMPAS Robertus Benny Dwi K.

DENPASAR, KOMPAS.com — Kecaman atas pernyataan anggota tim kampanye nasional SBY-Boediono, Andi Mallarangeng, yang bernada ‘Belum saatnya orang Bugis jadi pemimpin’, terus berlanjut. Puluhan orang dari Forum Bhinneka Tunggal Ika, Senin (6/7), mendatangi Kantor KPUD Bali di Denpasar, mendesak Andi untuk meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia.

Dengan membawa aneka poster berisi kecaman terhadap Andi Mallarangeng maupun pernyataannya, para demonstran juga mendesak KPU dan Bawaslu mengambil sikap tegas atas pernyataan Andi Mallarangeng. Menurut mereka, pernyataan yang menyangkut diskriminasi ras sebagai bentuk pelanggaran kampanye pemilu presiden yang harus segera ditindak.

Dalam pernyataan sikap yang dibacakan di depan Ketua KPUD Bali, Ketut Sukawati Lanang Perbawa, dan sejumlah anggotanya, para demonstran juga menyatakan bahwa Bhinneka Tunggal Ika merupakan prinsip dasar dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara yang harus dihormati oleh setiap pihak. Semua warga negara punya hak dan kewajiban yang sama tanpa memandang suku, agama, ras, maupun golongan tertentu. Kondisi itu pun berlaku pada proses pencalonan presiden.

Lanang Perbawa dalam tanggapannya berjanji meneruskan sikap dan pernyataan Forum Bhinneka Tunggal Ika itu kepada KPU Pusat. Perihal adanya dugaan pelanggaran pada pemilu ataupun pilpres, ia meminta para demonstran untuk mengungkapkannya kepada Panwaslu setempat.

Setelah berorasi, para demonstran berencana melanjutkan aksinya di Kantor DPRD Bali. Mereka menuju Kantor DPRD Bali yang berjarak sekitar 1 kilometer dari Kantor KPUD Bali dengan cara berjalan kaki.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: