Teknologi AS Bantu Penelitian Peluru Kendali Iran

Kamis, 18/06/2009 13:11 WIB

Fino Yurio Kristo – detikinet


Ilustrasi (iran-daily)

Washington – Amerika Serikat (AS) kebakaran jenggot. Pasalnya, sebuah institut riset di Iran mengklaim bahwa mereka memakai chip Opteron bikinan Advanced Micro Devices (AMD) untuk membuat sistem komputer performa tinggi.

Masalahnya AS sudah lama memberlakukan embargo ekonomi yang melarang penjualan barang-barang produksinya ke Iran. Namun tampaknya dengan adanya klaim pemakaian AMD tersebut, embargo ini hanya berpengaruh kecil dalam menghambat distribusi perangkat teknologi AS ke Iran.

Adalah institusi Iran bernama Aerospace Research Institute of Iran (ARI) yang mencantumkan di situsnya spesifikasi komputer performa tinggi berbekal chip dual core AMD. Sistem komputer itu berbasis Suse-Linux.

Yang membuat AS ketar ketir, institusi Iran itu terlibat dalam pengembangan teknologi militer Iran seperti pembuatan roket dan peluru kendali.

“Ini adalah masalah serius ketika sebuah riset mengenai misil Iran dijalankan memakai perangkat komputer dari Amerika Serikat,” tukas Valerie Lincy, editor dari lembaga Iran Watch yang dilansir ComputerWorld dan dikutip detikINET, Kamis (18/6/2009).

Pihak AMD pun segera menanggapi kasus ini. Perusahaan pesaing Intel ini menyatakan belum mau berspekulasi bagaimana bisa chip buatan mereka sampai ke Iran.

“AMD tak pernah mengizinkan penjualan atau pengapalan produk ke Iran atau negara lain yang terkena embargo, baik secara langsung maupun tidak langsung,” demikian pernyataan pihak AMD. AMD berencana segera berkoordinasi dengan Departemen Perdagangan AS untuk membahas masalah ini. ( fyk / wsh )


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: