Setelah Facebook, Iran Bungkam YouTube dan Ponsel

Senin, 15/06/2009 13:22 WIB

Santi Dwi Jayanti – detikinet


Facebook

Jakarta – Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menyadari besarnya kekuatan telekomunikasi di balik kejayaan rivalnya, Mir Hossein Mousavi. Akibatnya, ia memberangus semua ‘senjata’ yang selama ini dipakai Mousavi untuk menggalang dukungan.

Setelah sebelumnya Facebook yang sempat dibungkam, kini Youtube dan ponsel juga mengalami nasib serupa.

Dilansir detikINET dari AFP, Senin (15/6/2009), para pengguna ponsel di Iran sempat tidak bisa berkomunikasi dengan perangkatnya tersebut pada jam 10 malam, sesaat sebelum Ahmadinejad mendeklarasikan kemenangannya di televisi dan saat pendukung Mousavi bentrok dengan polisi di jalan.

Diduga pemberangusan ini dilakukan untuk menghadang pergerakan pendukung Mousavi yang memprotes hasil pemilu ulang yang dimenangkan Ahmadinejad. Pendukung Mousavi menilai telah terjadi kecurangan.

Sejumlah situs-situs besar yang turut menyokong Mousavi juga diblokir pada beberapa hari lalu.

Beberapa situs yang diblokir itu adalah Aftab News dan Shahab News. Kedua situs tersebut diblokir karena disinyalir punya hubungan dekat dengan Expediency Council yang dikepalai oleh mantan presiden, Akbar Hashemi Rafsanjani, yang merupakan salah satu pendukung Mousavi.

Jika pemblokiran ini memang sengaja dilakukan Ahmadinejad, tentu sangat ironis mengingat bahwa beberapa waktu lalu Presiden Iran tersebut menyangkal laporan tentang adanya pemblokiran Facebook, dan mengaku menjunjung kebebasan berekspresi. ( faw / faw )

Baca juga:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: