Indonesia Jadi Bagian Tim Keamanan Internet Dunia

Indonesia Jadi Bagian Tim Keamanan Internet Dunia

Jakarta – Tangung jawab ID-SIRTII (Indonesia Security Incident Response Team of Internet Infrastructure) saat ini tidak lagi hanya mengurusi keamanan internet di Indonesia. Sebab, lembaga yang masih seumur jagung itu telah diterima sebagai anggota APCERT (Asia Pacific Computer Emergency Response Team).

Dengan demikian, ID-SIRTII telah menjadi bagian dari kegiatan keamanan internet di dunia. Melalui pertemuan pengurus APCERT yang diselenggarakan pada tanggal 5 Maret 2009, ID-SIRTII telah disetujui sebagai General Member APCERT.

Keanggotaan APCERT sendiri terbagi dalam dua kategori, yakni General Member dan Full Member. General Member adalah CSIRT (Computer Incident Response Team) atau CERTs (Computer Emergency Response Team) yang berada di negara Asia Pasifik.

Secara organisasi tidak ada perbedaan mendasar dari General member dan Full Member. Hanya saja General Member tidak memiliki hak untuk memilih atau dipilih di dalam kepengurusan APCERT. General Member pun bila dianggap telah memenuhi kriteria tertentu dapat menaikkan status keanggotaannya menjadi Full Member.

Roy Ko, Chairman APCERT yang juga Manager pada Hong Kong Cert (HKCERT) selaku perwakilan dari APCERT menyampaikan bahwa seluruh anggota APCERT memiliki peran untuk berbagi informasi dan pengetahuan di bidang keamanan internet untuk meningkatkan kualitas pemanfaatan internet khususnya yang berkenaan dengan kegiatan pengamanan internet.

Ia menambahkan, pihaknya berharap dengan masuknya ID-SIRTII di dalam keanggotaan APCERT dapat terjalin kerjasama di antara organisasi CERTs/CSIRT baik di dalam maupun di luar APCERT.

Sebagai komitmen pada pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan kegiatan keamanan internet, ID-SIRTII bersama 7 penyedia jasa internet menyelenggarakan drill test pada 18 Juni 2009. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan di APCERT khususnya dalam penanganan insiden yang terindikasi sebagai sebuah serangan, termasuk strategi penanganan dan pengamanan terhadap serangan dimaksud.

Kegiatan drill test tersebut menurut rencana akan dilakukan beberapa kali dengan para penyedia jasa internet. Melalui kolaborasi dengan penyedia jasa internet, diharapkan pemanfaatan internet di Indonesia akan menjadi optimal. Dalam diskusi dengan para penyedia jasa internet, diharapkan pada drill test berikutnya dapat melibatkan penyedia jasa internet di seluruh Indonesia.

“Tentunya sebagai Coordination CERT, kita tidak bisa main-main lagi karena saat ini seluruh kegiatan ID-SIRTII yang berhubungan dengan kegiatan keamanan informasi dipantau oleh dunia internasional,” tegas Eko Indrajit, Ketua Pelaksana ID-SIRTII dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Senin (22/6/2009). ( ash / faw )

photo taken from http://www.egginc.com/dahlgren/comp_lab.jpg

Sumber : detik.com

8 Responses

  1. ya iyalah…
    Indonesia dapet itu….
    gak salah emang…
    mungkin malahan Indonesia lebih jago daripada yang laen…
    gue percaya itu…

  2. Wajar saja kalo jadi tim kemanan. karena kita memang sarang penyamunan🙂

  3. top markotop dah buat indonesia. semoga perinternetan indonesia tambah maju hehe

  4. Betul bapak2….. Penyamun kalo digaji…diangkat jadi security …bakal jadi yang terbaik deh kayaknya

  5. wah kalo yg megang sekelas eko indrajit, plus ada pak onno w purbo dalemnya.. dah deh.. ampun nyerah..

  6. pantas kita support, didukung dan anak bangsa yang bisa ACTION layak di berikan reward yang layak daripada orang yang bisanya memberikan kritik kepada siapa saja tapi tidak memberi andil apa – apa untuk bangsa ini.

  7. tapi memang sudah seharusnya kita menerapkan itu, kalo nggak sekarang kapan lagi…. apalagi dipegang putra terbaik , kalo enggak sekarang kapan lagi ?

  8. ayo dukung Indonesia…buktikan kamu BISA!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: