Awasi Software dan IT KPU!

Selasa, 07/04/2009 16:40 WIB

Amien Rais: Awasi Software dan IT KPU!
Bagus Kurniawan – detikinet
Amien Rais (dok. detikcom)

Jakarta – Mantan Ketua MPR RI, Amien Rais meminta masyarakat untuk mewaspadai dan mengawasi software dan IT yang digunakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sebab pembuatan software yang digunakan sangat tertutup dan KPU tidak pernah membeberkannya.

“Di samping DPT yang masih morat-marit. Kita juga harus waspada soal software KPU,” tegas Amien saat diskusi ‘Refleksi Jelang Pemilu 2009, Sebuah Catatan Keprihatinan’ di kantor Pusat Pengkajian Strategi dan Kebijakan (PPSK) di Terban, Blimbingsari Yogyakarta, Selasa (7/4/2009).

Selain DPT yang tidak pernah ada penyelesaian lanjut Amien, kecelakaan pemilu juga bisa terjadi pada software yang dipakai di KPU Pusat. Sebab sampai sekarang tidak ada kejelasan software yang dipakai.

“Ini tidak pernah dibuka sejak awal dan KPU tertutup. Kalau soal DPT itu soal yang ecek-ecek, kalau software seperti exitpole-nya bagaimana atau gate-gate-nya bisa diatur sehingga dapat diketahui pemenangnya,” ujar Amien.

Menurut dia, pelaksanaan pemilu saat ini seperti pemilu yang tanpa arah. Sementara itu biaya yang dikeluarkan sangatlah besar. Amien pun memperkirakan pemilu ketiga pascareformasi ini dipastikan akan turun kualitasnya karena praktek money politics secara besar-besaran. Dengan demikian kemungkinan kualitas pemilu yang menurun dibanding sebelumnya sangatlah besar.

“Belum pernah ada money politic yang dilakukan oleh para caleg secara besar-besaran. Uang dijadikan pengikat, Segala cara ditempuh untuk memenangkan,” pungkas guru besar Fisipol UGM itu.
( bgs / ash )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: