Patroli Virtual

Rabu, 25/03/2009 09:43 WIB

Hadang Bandit Narkoba dengan Patroli Virtual
Santi Dwi Jayanti – detikinet


ilustrasi (ist)

AS – Dengan modal koneksi internet, siapapun bisa jadi petugas patroli virtual untuk membantu petugas menjaga daerah perbatasan dari masuknya bandit-bandit pengedar narkoba serta imigran ilegal.

Hal ini dilakukan oleh Amerika Serikat. Negara ini memasang jaringan webcam di perbatasan Texas-Mexico sepanjang 1.254 mil di untuk mengawasi segala gerak gerik yang mencurigakan.

Dengan jaringan ini, tidak hanya para petugas yang berpatroli saja yang bisa memanfaatkannya, namun juga semua orang. Mereka diberi kesempatan membantu negara dengan mendaftar online terlebih dahulu.

Para pendaftar kemudian diminta  mengirim e-mail kepada petugas jika memergoki ada yang tidak beres saat memonitor kawasan dengan jaringan webcam tersebut. Hal ini bisa dilakukan dari mana saja, asal ada koneksi internet.

Hingga saat ini telah ada sebanyak 100.000 orang yang  mendaftar, seperti detikINET kutip dari Guardian, Rabu (25/3/2009). Dengan bantuan e-mail yang masuk, petugas telah sukses membongkar 2.000lb (907kg) mariyuana dan 30 kasus lainnya yang terkait imigran ilegal.

( sha / faw )

Di indonesia kapan ya ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: