Microsoft Akur dengan Open Source ?

Kamis, 26/02/2009 13:51 WIB

Microsoft Ingin Akur dengan Komunitas Open Source
Ardhi Suryadhi – detikinet


Ilustrasi (Ist.)
Jakarta – Tak bisa dipungkiri, sejumlah kalangan melihat hubungan antara Microsoft dengan komunitas Open Source itu berseberangan. Hal itu lantaran kedua pihak tetap memegang teguh keyakinannya dalam hal keterbukaan kode-kode penyusun aplikasi yang dibuat.
Irving Hutagalung, Platform Strategy Manager Microsoft Indonesia, pun mengakui adanya pandangan negatif tersebut di kalangan penggiat IT Tanah Air. “Tapi kita malah ingin menghilangkan perspektif berseberangan tersebut,” ujarnya kepada detikINET.
Buktinya, lanjut Irving, kerja sama antar Microsoft dan komunitas Open Source sudah beberapa kali terjalin. Bahkan, keduanya dikatakan suka membuat acara bersama.

“Seperti kalau di kantor pusat Microsoft di AS, kita sudah menjadi partner Apache Foundation. Sementara di Indonesia, kita sudah beberapa kali kerja sama dengan komunitas PHP untuk mengadakan acara PHP Developer Days,” jelasnya.

Microsoft Indonesia sendiri tak ingin terus terhanyut dengan anggapan miring tersebut. Mereka lantas coba untuk merajut hubungan baik dengan komunitas Open Source dengan membangun ‘jembatan’ penghubung teknologi antar keduanya.

‘Jembatan’ yang dimaksud adalah Microsoft Open Source Interoperability Laboratory (OSIL) yang dibangun di Universitas Indonesia.

Fokus utama lab ini adalah untuk meningkatkan inovasi seputar interoperabilitas guna menciptakan atau meningkatkan kemampuan dari aplikasi-aplikasi Open Source untuk bekerja sama dengan produk-produk atau teknologi Microsoft.

“Kita memastikan bahwa komunitas Open Source bukan warga ‘kelas dua’ bagi Microsoft,” tandasnya.

( ash / wsh )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: